GANGLION [ jawa : UCI-UCI ]

Tidak sedikit pekerja yang mengeluhkan benjolan di pergelangan tangan atau kaki yang kadang hilang . Namun jika digunakan untuk bekerja  membesar dan mengganggu secara aesthetic dan fungsi. Dan setelah diperiksakan dokter diketahui sebagai ganglion . 
Ganglion adalah  benjolan bulat dan  berbatas tegas dan biasa disebut kista , yang berada di bawah kulit di tangan atau kaki. Benjolan ini  berisi cairan jernih seperti jelly . Ganglion adalah suatu hal yang sering dijumpai di masyarakat kita.Dimana Lokasi ganglion yang umum ?Ganglion biasa ditemukan  baik di bagian depan pergelangan tangan atau bagian punggung pergelangan tangan . Lokasi lain yang sering adalah di jari-jari dan di punggung kaki . Ganglion berada diatas tendon ( urat ) atau diatas persendian .Ukuran ganglion bervariasi  mulai sebesar  kacang kedelai sampai  besar diameter 6 cm. Namun ukuran yang umum biasanya 1 cm , meskipun berbatas jelas kadang benjolan lunak dan kadang keras jika di sentuh. Benjolan ini tidak menimbulkan rasa nyeri , hanya menimbulkan rasa tidak nyaman jika digunakan untuk bergerak . Ganglion  sering karena keausan pada sendi atau selaput urat ( tendon ) yang kemudian  menjadi meradang, dan  terbentuk benjolan bulat berisi  cairan seperti jelly.Ganglion sering berhubungan dengan cedera pada pergelangan tangan atau kaki .Siapa saja yang bisa menderita ganglion ? Semua orang bisa berpeluang terkena ganglion , tetapi sering akan dialami wanita sekitar usia 40-45 tahun  . Orang yang bekerja menggunakan tangan berulang-ulang dan terus-menerus seperti pelinting rokok, juru ketik , perajin anyaman , tukang las  memiliki resiko timbulnya ganglion ini .Apa resiko penderita ganglion ?Ganglion tidak berbahaya  namun jangan diabaikan , periksakan ke dokter untuk mendapat diagnosis dan rencana pengobatan yang tepat .Anda harus bisa memahami bahwa ganglion adalah benjolan tidak berbahaya dan bisa diabaikan jika tidak menyebabkan gangguan .·        Biarkan ganglion, karena mungkin akhirnya menghilang dengan sendirinya.·        Ganglion dapat pecah dengan sendirinya  akibat tekanan yang besar  akibat dipencet  terutama jika ganglion sudah “ matang “  yaitu ganglion yang telah ada sejak lama dan cukup besar .·        Suntikan kortison kedalam  kista bisa membuatnya menghilang. Jika hanya hilang sebagian, injeksi dapat diulang.·        Setelah dicoba cara yang sederhanatidak berhasil  dan yang terakhir dengan cara di Bedah oleh seorang dokter.Ya, ganglion bisa muncul kembali setelah dengan berbagai terapi diatas bahkan setelah di operasi .* Ditulis oleh dr. W. Kuncoro, HH Superintendent  PT Indonesia Bulk Terminal 
  
Alhamdulillah artikul ini di terbitkan di majalah  perusahaan group tambang terintegrasi terbesar di Indonesia -- envirocoal ,tempat mengais rezeki.


View the original article here

Share:

recent posts

Popular Posts

Labels

Recent Posts