PREMENSTRUAL TENSION



[Ketegangan Prahaid] = Premenstrual Syndrom [PMS]
Ketegangan prahaid adalah keluhan-keluhan yang biasanya mulai satu minggu sampai beberapa hari sebelum datangnya haid dan menghilang sesudah haid datang walaupun kadang-kadang berlangsung terus menerus sampai haid berhenti.



ETIOLOGI
Penyebab ketegangan prahaid tidak jelas, tetapi mungkin factor penting adalah ketidakseimbangan estrogen dan progesterone dengan akibat retensi cairan dan natrium, penambahan berat badan dan kadang-kadang edema. Dalam hubungan dengan kelainan hormonal, pada ketegangan prahaid terdapat defisiensi luteal dan pengurangan produksi progesterone.
Faktor kejiwaan, masalah dalam keluarga, masalah social, dan lain-lain, juga memegang peranan penting. Yang lebih mudah menderita ketegangan prahaid adalah wanita yang lebih peka terhadap perubahan hormonal dalam siklus haid dan terhadap faktor-faktor psikologis.
MANIFESTASI KLINIS
Keluhan terdiri dari gangguan emosional berupa iritabilitas, gelisah, insomnia, nyeri kepala, perut kembung, mual, pembesaran dan rasa nyeri pada payudara [ MAMMAE ], dan sebagainya. Sedangkan pada kasus yang berat terdapat depresi, rasa ketakutan, gangguan konsentrasi dan peningkatan gejala-gejala fisik tersebut diatas.

Jadi, mengingat Premenstrual Tension atau lebih umum dikenal dengan nama Premenstrual Syndrom [ PMS ] akan mengurangi aktifitas dan produktifitas wanita, sebaiknya sebelum gejala-gejala diatas semakin parah, sangat disarankan wanita yang sudah mulai ada gejala PMS untuk segera pergi berobat ke dokter terdekat.

Share:

recent posts

Popular Posts

Labels

Recent Posts